Alat Musik Piano Pop: Perjalanan Sejarah Hingga Kursus Piano Pop

Piano merupakan alat musik yang dimainkan dengan menekan tuts-tuts yang tersedia pada papan piano. Setiap tuts yang tersambung ke palu yang berada di dalam piano memiliki suara yang berbeda-beda.

Piano dapat digunakan untuk mengiringi lagu bergenre pop atau bisa disebut sebagai piano pop. Piano pop menjadi salah satu gaya bermain piano yang memainkan berbagai lagu pop dengan menggunakan harmoni dan melodi berdasarkan simbol akord.

Jika Anda ingin mengetahui tentang piano pop lebih lanjut, simak ulasan ini hingga selesai, yuk!

Awal Mula Kemunculan Piano Pop

Munculnya piano pop dimulai dari Ragtime yang merupakan gaya musik dari Amerika Serikat yang hadir sejak tahun 1890. Serta terdapat Blues sebagai genre musik yang mulai populer sejak tahun 1895.

Piano pop memiliki perjalanan sejarahnya tersendiri hingga terkenal sampai saat ini. Berikut ini terdapat perkembangan piano pop pada beberapa genre lagu dari berbagai negara, antara lain:

  1. Musik Ragtime Tahun 1890

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, musik Ragtime merupakan musik yang berasal dari Amerika yang memiliki pengaruh dari etnis Afrika-Amerika dan musik klasik Eropa. Musik Ragtime mulai terkenal disekitar daratan Amerika pada tahun 1890 hingga 1920.

Musik Ragtime menggunakan piano yang memiliki tempo cepat yang didominasi dengan sinkopasi, terkadang bisa terdengar agak lamban juga.

  1. Musik Blues Tahun 1895

Bagi pecinta musik, pasti Anda sangat familier dengan musik Blues yang berasal dari etnis Afrika-Amerika di semenanjung Delta Mississippi yang muncul sekitar tahun 1895 dan masih berlangsung sampai sekarang. Musik blues telah membawa pengaruh pada perkembangan musik jazz, country, dan rock.

Jika Anda perhatikan, musik blues ini memiliki irama dan melodi yang sangat khas dengan ras Afrika, terkadang dalam syair musik blues juga menceritakan tentang ras Afrika yang menjadi budak dan buruh tani pada saat itu.

  1. Musik Pop Tahun 1920

Setelah berakhirnya Perang Dunia I tahun 1918, terdapat musik yang muncul di benua Amerika. Sebutan musik ini yaitu Musik Populer atau Musik Pop.

Biasanya musik pop dapat digunakan untuk musik lantai dansa yang sangat populer pada saat itu, serta sangat digemari oleh masyarakat dari seluruh dunia.

  1. Musik Pop Latin Tahun 1857

Awal mulanya, musik pop latin mulai terkenal ketika dansa latin mulai dikenal oleh banyak orang di tahun 1920. Salah satu yang paling terkenal yaitu Dansa Tango yang menjadi balroom dance yang terkenal pada tahun 1920 di sekitar Amerika hingga Eropa.

Iringan lagu terdengar memiliki tangga nada minor dan melankolik, sehingga membuat pergerakan dansa menjadi semakin agresif. Pada tahun 1930 dan 1940, musik pop latin menjadi musik yang disukai banyak orang di seluruh dunia.

Sekolah Musik Piano Pop

Bagi Anda yang ingin mempelajari piano pop secara mendalam, Anda bisa mengikuti kursus di sekolah musik. Anda akan diajari dari awal dengan cara yang benar, seperti dimulai dari latihan jari, latihan repertoir, latihan membaca, hingga memahami istilah serta simbol musik.

Jika Anda sudah berumur lebih dari 13 tahun, Anda masih bisa mengikuti kursus piano pop. Sebab terdapat beberapa sekolah musik yang menargetkan untuk siswa remaja dan dewasa, mulai dari usia 13 tahun ke atas, terutama bagi pemula.

Mengikuti kursus piano pop akan sangat membantu Anda dalam memahami cara bermain piano pop dengan cara dan teknik yang benar, sehingga selain menikmati bermain piano pop, Anda bisa menjadi pianis professional.

Itulah sejarah hingga sekolah musik piano pop yang perlu diketahui, terutama bagi Anda yang tertarik dengan piano pop. Apakah Anda tertarik mengikuti sekolah musik piano pop?

Baca Artikel Lainnya

0