Alat Musik Keyboard: Awal Kemunculan Keyboard Hingga Jenis Keyboard

Keyboard atau kibor merupakan alat musik tuts elektronik yang cara memainkannya sama dengan piano. Hanya saja, terdapat perbedaan antara kibor dan piano, yaitu terletak di kibor dapat memainkan berbagai suara seperti gitar, biola, trompet, hingga perkusi.

Biasanya kibor digunakan dalam sebuah band, serta penggunaan kibor dapat lebih praktis dan mudah seperti menggunakan piano. Jika Anda ingin mengetahui tentang alat musik keyboard lebih lanjut, simak ulasan ini, ya!

  1. Sejarah Kibor

Kibor telah muncul sejak zaman kuno, namun tidak diketahui tahun tepatnya. Jika dilihat pada papan kibor, terdapat tangga nada diatonis yang terdiri dari 12 nada, serta Anda juga akan melihat nada penuh dan nada semi-tone. Kedua kelompok nada terbagi menjadi warna terang dan gelap.

Pada abad ke 14, susunan deret kunci yang kromatik mulai muncul di sekitar Eropa. Pada saat itu, ukuran tuts tergolong sangat lebar, sehingga tidak banyak nada harmoni yang dihasilkan. Pada abad ke 16, akhirnya tuts pun dibuat selebar satu tangan, sehingga menghasilkan musik harmonik.

Di abad ke 20, keyboard elektronik mulai dipasarkan di Amerika Serikat sekitar tahun 1935. Disitulah keyboard elektronik mulai berkembang sebagai instrumen yang sering digunakan, bahkan hanya menggunakan kibor, Anda bisa menghasilkan puluhan instrumen.

  1. Karakter Alat Musik Kibor

Meskipun bentuknya serupa dengan piano, tetapi kibor dan piano memiliki perbedaan. Berikut ini terdapat ciri khas dari kibor, yakni:

  • Biasanya terdapat tuts 5 oktaf, tetapi sebagian kibor dengan merk dan model tertentu memiliki lebih dari 5 oktaf
  • Untuk memainkan kibor, Anda membutuhkan aliran listrik
  • Dapat menimbulkan berbagai ragam nada, seperti gitar, drum, piano, dan lainnya
  • Memiliki berbagai spek seperti merekam, karaoke, dan lainnya
  1. Jenis-Jenis Kibor

Terdapat beberapa jenis kibor yang perlu Anda ketahui bila Anda ingin menjadi seorang kibordis professional, antara lain:

  • Accompaniment Keyboard

Bagi pemula yang ingin belajar memainkan kibor, Anda bisa memilih accompaniment keyboard yang memiliki berbabagi tombol dan Anda tidak perlu memikirkan chrod, karena jenis kibor ini bisa membantu Anda untuk memainkan kibor.

  • Keyboard Mono Timbral

Jenis kibor yang satu ini memiliki berbagai macam suara, namun hanya bisa mengeluarkan satu suara saat dimainkan dalam satu waktu.

  • Keyboard Multi Timbral

Bagi Anda yang ingin menggarap aransemen dan melakukan rekaman, Anda bisa menggunakan jenis kibor yang satu ini. Keyboard Multi Timbral dapat mengeluarkan beberapa suara dalam satu waktu, seperti bass, gitar, piano, dan drum.

  • Digital Piano Keyboard

Disebut sebagi pengganti piano, kibor yang satu ini memiliki berbagai suara yang terdengar serupa dengan piano. Kibor ini memiliki suara instrumen lainnya, tetapi kualitasnya tidak terlalu baik.

Kibor yang satu ini cocok ditempatkan di rumah, tempat les, dan tempat lainnya yang tidak perlu dibawah berpindah-pindah.

  • Digital Synthesizer & Workstation Keyboard

Digital synthesizer ini memiliki berbagai suara yang dapat diubah menjadi suara lain. Sementara workstation keyboard dapat digunakan untuk tracking vokal, merekam, dan lainnya.

  • Keyboard Hybrid

Kibor yang satu ini memiliki dua fungsi, yakni sebagai piano dan accompaniment atau piano yang dilengkapi dengan digital synth atau workstation. Penggunaan kibor yang satu ini sangat terbatas, karena hanya pemain kibordis yang pro saja.

Jika Anda ingin mahir memainkan kibor, Anda bisa mengikuti sekolah musik khusus kibor. Anda akan diajarkan bermain kibor mulai dari awal agar Anda bisa memainkan kibor dengan cara yang benar.

Itulah ulasan mengenai kibor yang perlu diketahui, sehingga Anda memahami sejarah dan berbagai jenis kibor. Setelah membaca artikel diatas, apakah Anda tertarik mengikuti sekolah musik yang fokus pada kibor?  Anda bisa langsung mencoba kelas musik keyboard di Halmahera Music School , hubungi kami untuk informasi lebih lanjut . Klik link dibawah ini

Baca Artikel Lainnya

0