Artikel

Sekilas Info Mengenai Yamaha Keyboard Course

Keyboard merupakan salah satu alat musik yang dikenal karena versatility-nya, atau keserbagunaannya. Dengan keyboard, seseorang dapat memainkan banyak jenis suara, mulai dari melodi, musik klasik, serta berbagai musik populer lainnya. Seseorang juga dapat menghasilkan suara instrumen lain, seperti bass dan drum, dengan hanya menggunakan keyboard saja.

Untuk menunjang proses belajar keyboard, Yamaha Music School membuka beberapa kelas keyboard yang ditujukan untuk berbagai kalangan usia. Kelas keyboard ini merupakan salah satu kelas dari Yamaha Popular Music Course (PMC), sebuah program yang khusus diadakan oleh Yamaha Music School untuk mengembangkan kemampuan teknikal siswa, dan mempersiapkan siswa untuk menjadi pemain musik solo atau di dalam musik grup yang profesional. Berikut ini beberapa jenis-jenis kelas keyboard yang disediakan oleh Yamaha Music School

1. Junior Electone Course

Kelas ini khusus ditujukan bagi anak-anak berusia 9 hingga 12 tahun. Di dalam kelas ini, siswa akan diajarkan bagaimana cara memainkan electone, salah satu variasi dari keyboard yang dirancang oleh Yamaha. Proses pembelajaran di junior electone course ini memakan waktu tiga tahun.

Kelas junior electone course ini didesain bagi semua anak yang ingin belajar electone, dan anak-anak yang ingin bermain electone sebagai hobi. Di dalam kelas ini, siswa harus mampu menyelesaikan delapan volume buku teks. Volume 1 – 4 merupakan tahap awal, dimana siswa akan belajar pengetahuan dasar tentang bagaimana cara bermain electone.

Selama siswa belajar di Volume 1 – 4, siswa akan belajar secara berkelompok (group lesson) sampai maksimal delapan orang. Siswa akan belajar satu kali setiap minggunya, dimana per pertemuannya berlangsung selama 60 menit.

Setelah lulus dari Volume 4, siswa akan masuk ke Volume 5 dan 6. Pada kedua volume ini, siswa akan belajar bagaimana cara membuat aransemen dengan menggunakan electone. Kemudian, siswa akan masuk ke Volume 7, dimana pada volume ini, siswa akan diajarkan tentang Fake dan Ad-lib, serta bagaimana cara berimprovisasi.

Setelah siswa menyelesaikan Volume 7-nya, siswa akan masuk ke volume terakhir, yaitu Volume 8. Volume ini berisi summary atau ringkasan dari seluruh pengetahuan yang sudah dipelajari pada buku-buku sebelumnya. Mulai dari Volume 5 hingga Volume 8, siswa diberi kesempatan untuk memilih private lesson atau group lesson.

Jika siswa memilih private lesson, maka siswa akan belajar satu kali per minggunya, dan setiap pertemuan berlangsung selama 30 menit. Tetapi, jika siswa memilih group lesson, maka sama seperti kelas di Volume 1 – 4, dimana per pertemuannya siswa belajar selama 60 menit, setiap minggu sebanyak satu kali.

2. Electone Study Course

Setelah sang anak berhasil menyelesaikan proses belajarnya di Junior Electone Course, siswa dapat tetap belajar electone di Yamaha PMC dengan mengikuti Electone Study Course. Kelas ini dapat diikuti oleh orang dari berbagai kalangan usia, mulai dari 12 tahun. Sama halnya seperti Junior Electone Course, kelas ini didesain khusus bagi siapapun yang ingin bermain electone, baik sebagai pemain electone profesional, maupun hanya untuk menyalurkan hobi.

Electone Study Course memiliki konsep pembelajaran yang sama persis dengan Junior Electone Course. Pada Electone Study Course, terdapat delapan buku yang harus dituntaskan oleh siswa. Isi dari delapan buku ini sama persis dengan yang digunakan di kelas juniornya, dengan waktu belajar yang sama pula. Pada Volume 1 – 4, siswa harus mengikuti kelas berkelompok (group lesson), sementara pada Volume 5 – 8, siswa dapat memilih kelas individu (private lesson) atau kelas berkelompok (group lesson).

Setiap siswa lulus dari Junior Electone Course dan Electone Study Course berkesempatan untuk mengikuti Yamaha Electone Festival. Festival ini merupakan sarana bagi seluruh siswa electone untuk menampilkan kemampuannya dalam bermain electone.

Festival ini diselenggarakan setiap tahunnya, baik di tingkat sekolah, di tingkat wilayah, maupun di tingkat nasional. Jika seorang siswa memenangkan festival electone di tingkat nasional, maka siswa dapat menjadi wakil Indonesia pada festival electone internasional, seperti Asia Electone Festival. 

3. Keyboard Course

Kelas keyboard yang diselenggarakan oleh Yamaha PMC merupakan kelas keyboard untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas. Kurikulum dari keyboard course ini dapat diselesaikan selama waktu 3 – 4 tahun. Kelas ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin menjadi keyboardist tunggal, atau keyboardist dalam suatu grup musik.

Kelas keyboard ini diadakan satu kali setiap minggu, dimana per pertemuannya berlangsung selama 60 menit (group lesson) atau 30 menit (private lesson). Jumlah siswa maksimal yang diperbolehkan dalam satu kelas keyboard adalah sebanyak delapan orang.

Sama halnya dengan kelas di Yamaha PMC lainnya, kelas keyboard ini menggunakan background music berupa Minus One System Disk. Dengan begitu, maka keinginan belajar siswa dapat lebih tergugah, dan tentunya membuat proses belajar keyboard menjadi lebih menarik.

Secara umum, keyboard course ini mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam bermain keyboard (terutama keyboard Yamaha), serta mengembangkan pengetahuan siswa dalam dunia musik. Setiap siswa akan mendapat buku teks dan CD yang berisi kumpulan backing tracks, sehingga siswa tetap dapat berlatih keyboard di rumah.

Di dalam kelas keyboard ini, setiap siswa belajar beberapa materi, seperti istilah musik, music rudiment, Portasound, grand score, lead sheets, single-finger chords, fingered chords, dan chord formation. Siswa juga akan berlatih dengan berbagai repertoire, seperti musik klasik, melodi, dan musik lainnya.

Untuk mengukur kemajuan belajar siswa, siswa akan dikatagorikan ke dalam sebuah level. Setidaknya terdapat empat katagori level yang ada dalam keyboard course ini, mulai dari Level 1 (Beginner) hingga level yang paling tinggi yaitu Level 4 (Advanced).

Itulah segala hal mengenai kelas keyboard dan electone yang diselenggarakan oleh Yamaha PMC. Nah, jika Anda ingin belajar cara bermain keyboard, segera daftarkan diri Anda ke Yamaha Music Course terdekat! Dengan mendaftarkan diri ke kelas keyboard atau electone, Anda akan lebih terampil dalam bermain keyboard dan electone, dan tentunya Anda akan jauh lebih percaya diri saat memainkan kedua instrument ini.

Baca Artikel Lainnya

Shop

0