Ketahuilah Tentang Saxophone: Pengertian, Sejarah, Hingga Manfaat

Mungkin banyak orang masih kurang familier dengan alat musik Saxophone atau dalam bahasa Indonesia disebut Saksofon. Saksofon adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup yang terbuat dari logam kuningan, serta bentuknya seperti cangklok rokok.

Saksofon sering terlihat sebagai instrumen yang mewah dengan harga jual yang cenderung mahal, tetapi terdapat manfaat dari meniup saksofon. Jika Anda ingin mengetahui beberapa hal tentang saksofon seperti pengertian hingga manfaatnya, simak ulasan ini lebih lanjut.

 

Pengertian Saksofon

Saksofon merupakan instrumen musik yang termasuk dalam genre aerophone dan terlihat seperti klarinet. Alay ini sering digunakan untuk mengiringi suatu band musik yang mengusung aliran jazz atau biasanya termasuk dalam orkestra.

Saksofon telah digunakan sejak abad 20 yang dibuat oleh Adolphe Sax, berasal dari kebangsaan Belgia. Setelah itu, ia pun membuat jenis alat musik yang masih termasuk golongan saksofon, seperti alto, C melody, soprano, tenor, bass saxophone, dan baritone.

 

Sejarah Saksofon

Pada abad 19, Saksofon digunakan sebagai simponi orkestra. Abad ke 20 awal, saksofon mulu digunakan untuk marching band militer, sementara aband ke 20 akhir, saksofon juga digunakan untuk solois yang menyanyikan lagu genre jazz.

Penggunaan saksofon memiliki perbedaan pendapat, seperti beberapa pendapat yang menyatakan bahwa saksofon telah digunakan sebagai instrumen yang mengiring dansa pada tahun 1910. Namun, terdapat pendapat lainnya yang menyatakan bahwa saksofon telah digunakan sejak tahun 1902 untuk mengiring penyanyi yang tampil dengan cara berkeliling.

Tidak beherti sampai situ, terdapat pendapat lainnya mengenai awal mulai kehadiran saksofon sejak peran dunia pertama. Lalu, ditentang kembali oleh John Joseph selaku pemusik dari New Orleans yang menyatakan bahwa saksofon hadir sejak tahun 1914.

Namun, pada kenyataannya, saksofon telah digunakan untuk jazz ketika genre musik ini muncul di New Orleans, namun tidak memiliki banyak peminat. Seperti yang kita ketahui, musik jazz sering menggunakan terompet dan cornet yang sering dilihat melalui musisi jazz terkenal seperti Amstrong.

 

Manfaat Meniup Saksofon

Saksofon memiliki beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  1. Manfaat Bagi Kesehatan

Terdapat pengaturan besar kecil tiupan saat bermain saksofon, sehingga hal ini sangat mempengaruhi tinggi rendahnya nada yang akan terdengar. Bila dilihat dari dunia medis, sirkulasi udara sangat penting bagi tubuh saat sedang bernapas, karena proses metabolisme pada tubuh membutuhkan oksigen agar bisa menjalani aktivitas.

Maka dari itu, dibutuhkan keselarasan saat bernapas yang dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga dapat membantu metabolisme dalam tubuh menjadi lancar.

Ternyata, saat Anda sedang memainkan saksofon, proses pernapasannya hampir sama dengan latihan pernapasan yang berguna bagi kesehatan tubuh.

  1. Memperbaiki Kepribadian

Ketika Anda sedang memainkan saksofon, Anda akan merasa nyaman dan merasa lebih rileks. Alunan yang berasal dari saksofon akan membuat Anda lebih tenang dan lebih matang saat hendak menyelesaikan masalah.

Jika memiliki tekanan darah tinggi, manfaat yang satu ini akan sangat berguna dan membantu. Anda akan terlatih menjadi lebih tenang dan kalem, sehingga tidak mudah marah-marah dan bisa menjadi lebih bijak.

  1. Keuntungan Mengikuti Kursus Saksofon

Jika Anda berminat mengikuti kursus saksofon, Anda akan diajarkan mulai dari teknik dasar, seperti mulai dari embouchure, tounging, dan breathing. Embouchure merupakan teknik dasar yang mengajarkan Anda dalam meniup saksofon hingga stabil agar menghasilkan nada yang baik dan bisa mengontrol bunyi yang keluar.

Untuk teknik tounge merupakan cara ujung lidah menyentuh ujung reed, sambil mengucapkan “dah” ketika Anda melakukannya. Sedangkan teknik breathing atau pernapasan menjadi teknik yang digunakan untuk mengontrol intensitas pernapasan saat Anda sedang memainkan saksofon.

Demikian ulasan mengenai saksofon yang perlu Anda ketahui. Anda bisa mengikuti kursus saksofon untuk merasakan manfaat yang baik bagi kesehatan dan kepribadian Anda.

Baca Artikel Lainnya

0