Ketahuilah Mengenai Alat Musik Drum: Sejarah Penemuan Hingga Jenis Drum

Dalam sebuah grup musik, biasanya terdapat anggota yang memegang beberapa alat musik utama, seperti gitar, kibor, bass, dan drum. Meskipun berada di posisi belakang, namun alat musik drum memiliki banyak peminat, sehingga banyak yang memperdalami cara memainkan drum.

Drum merupakan alat musik yang dipukul dengan menggunakan pemukul khusus yang disebut stik. Jika Anda ingin mengetahui tentang alat musik drum, simak ulasan ini lebih lanjut, ya!

  1. Sejarah Alat Musik Drum

Awal mula kemunculan alat musik drum bersamaan dengan peradaban manusia yang mengalami perkembangan. Di zaman dahulu, penggunaan drum akan dilakukan ketika terdapat kelahiran seorang manusia.

Dulu drum tidak disebut sebagai sebutan drum, melainkan disebut dengan membranophone yang dibunyikan di hutan tanpa tujuan tertentu. Selain itu, penggunaan drum terlihat melalui lukisan kuno yang memperlihatkan beberapa orang membawa drum.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan drum yaitu kulit labu dan batang kayu, serta drum digunakan untuk upacara ritual. Sedangkan di Afrika, drum dilakukan untuk alat komunikasi agar bisa menunjukan ekspresi atau suatu peristiwa terjadi. Setiap pukulan drum memiliki suatu pesan.

Di tahun 1890an, drum digunakan sebagai acara parade bagi orang Afrika yang tinggal di Amerika. Di tahun 1960an, drum set mengalami perkembangan yang bersamaan dengan band yang menggunakan genre rock. Alat musik drum masih berkembangan hingga saat ini. 

  1. Pengertian Drum

Setelah mengetahui sejarah drum, Anda perlu ketahui pengertian drum lebih mendalam. Drum adalah alat musik yang termasuk dalam kelompok perkusi. Drum terbuat dari kulit yang dibentangkan, serta dimainkan dengan cara dipukul dengan stick atau telapak tangan.

Terdapat beberapa drum yang terbuat dari plastik, karet, dan bahan lainnya. Sedangkan drum set merupakan sekumpulan alat yang digabungkan menjadi satu, serta seringkali alat ini digunakan dalam musik modern.

  1. Bagian-Bagian Drum

Drum terbagi menjadi beberapa bagian yang Anda perlu ketahui, antara lain:

  • Bass Drum, drum yang dimainkan dengan menggunakan pedal dan ukurannya sekitar 26 atau 28 inci
  • Snare Drum, menjadi penentu ketukan dalam drum set yang memiliki ukuran 10 hingga 15 inci
  • Tom Tom, berfungsi untuk menghasilkan pukulan yang bervariasi
  • Cymbal, biasanya berbahan kuningan dan menimbulkan suara cukup nyaring
  • Hardware, terdiri dari kursi drum, stand cymbal, pedal, dan lainnya
  • Double Pedal, biasanya terletak dibagian bawah yang digunakan dengan cara diinjak dan jumlahnya ada 2
  1. Jenis Drum

Saat ini drum memiliki banyak ukuran dan bentuk yang dirangkai menjadi drum set ataupun drum kit. Berikut ini terdapat beberapa jenis drum kit dan drum set yang perlu diketahui, yaitu:

  • Thomas Lang

Thomas Lang adalah seorang drummer terkenal di dunia yang berasal dari Austria. Ketika ia memainkan drum, ia akan menyusun drum setnya sendiri dengan menggunakan drum dari Sono dan menggambungkan dengan simbal Meinl.

  • Drum Set Travis Barker

Bagi para drummer, pasti Anda mengetahui Travis Barker yang merupakan seorang drummer berasal dari Amerika. Ia memainkan musik bergenre pop punk bersama dengan band legendaris blink-182.

Saat Travis Barker memainkan drum, ia akan menggunakan DW Hardware dan pedals sebagai set drumnya, serta ia akan menambahkan remo heads, zidijan stick, lp percussion, dan roland electronics.

  • Drum Set Nell Ellwood Peart

Ketika sedang memainkan drum, Neil Ellwood akan menggunakan set drum melodic etonanto. Dengan menggunakan jenis set drum tersebut, Nell dapat mengomposisi ochestra hanya dengan menggunakan drum, ia menggunakan metric modulations dan polyrhythems.

Demikian ulasan mengenai sejarah alat musik drum hingga berbagai jenis drum set dan drum kit yang digunakan oleh drummer terkenal di dunia. Bagi Anda yang ingin menjadi pemain drum professional, Anda bisa mengikuti sekolah musik yang khusus mempelajari alat musik drum.

Baca Artikel Lainnya

0