Inilah 7 Manfaat Bermain Piano Bagi Anak yang Perlu Diketahui

Terdapat berbagai macam alat musik yang dapat Anda mainkan sebagai hobi atau sebagai bidang yang Anda tekuni secara serius. Bagi mereka yang ingin menjadi pemain musik professional, biasanya orang tua akan memasukan anak-anak ke kursus alat musik, seperti piano.

Namun, beberapa orang memilih untuk menekuni alat musik mulai menginjak usia remaja. Tetapi, keduanya tetap akan merasakan manfaat bermain alat musik piano. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, simak ulasan ini, yuk!

 

Meningkatkan Konsentrasi Anak

Ketika seseorang memainkan piano, maka mereka harus fokus dan konsentrasi. Seringkali saat memainkan piano, seseorang harus melakukan beberapa hal di waktu yang bersamaan. Misalnya saja, seperti menggerakkan kedua tangan, lalu Anda perlu menekan tuts dan melihat teks atau bahkan sambil bernyanyi.

Itulah mengapa bermain piano dapat meningkatkan konsentrasi anak, karena anak harus terbiasa multitasking. Jika bermain piano dilakukan secara terus menerus, maka anak akan terbiasa untuk konsentrasi dalam melakukan suatu hal.

 

Mengurangi Tingkat Stres

Saat seseorang memainkan musik, mereka akan merasa senang dan pikiran menjadi lebih positif. Hal ini berlaku ketika anak memainkan piano akan melibatkan aktfivitas fisik dengan memain jari-jemari mereka yang menghasilkan musik, sehingga anak akan terhindar dari stres.

Selain itu, bermain piano dapat membuat anak Anda tidak merasa bosan bahkan stres. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa adanya kaitan dengan bermain piano dan tekanan darah yang bisa menjaga kesehatan mental pada anak-anak.

 

Menjadi Olahraga Tangan

Bermain piano dapat tergolong menjadi olahraga tangan, karena saat anak memainkan piano, maka tangan mereka akan bergerak. Ketika sedang bermain piano, anak-anak juga harus mengatur postur tubuh dan posisi tangan yang benar dan tepat, sehingga membuat tangan anak menjadi lebih kuat.

Bermain piano akan mengeluarkan efek musik yang memiliki dampak yang baik bagi kesehatan jantung, sehingga membantu dalam mengatur detak jantung anak.

 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dalam mempelajari suatu instrumen, tentunya anak-anak tidak akan melaluinya dengan mudah, karena mereka harus latihan secara rutin hingga mendapatkan kritik dari orang sekitar. Hal ini dapat memengaruhi rasa percaya diri pada anak-anak.

Tetapi, jika anak-anak mendapatkan dukungan yang tepat dari keluarga dan sekitarnya serta mereka pun merasa bangga, maka berbagai hal yang telah dilalui anak akan mengubah mereka menjadi lebih percaya diri.

 

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Ketika bermain piano, maka anak akan meningkatkan kemampuan kognitif. Maksud dari kognitif yaitu berkaitan dengan konstruksi kemampuan yang melibatkan otak anak, seperti berpikir, memecahkan masalah, dan mengingat suatu hal.

Hal ini bisa didapatkan karena saat memainkan piano anak harus berpikir cepat dan membuat keputusan ketika tempo dan nada tidak terdengar sinkron atau salah.

 

Meningkatkan Kemampuan Akademis

Anak-anak yang bermain piano akan lebih mudah berkonsentrasi dan meningkatkan rasa percaya diri yang berpengaruh dengan kemampuan kognitif anak. Hal ini dapat membantu prestasi anak di sekolah, sehingga bermain piano dapat meningkatkan kemampuan akademis.

 

Mengurangi Menatap Layar Elektronik

Bagi anak yang bermain piano sebagai aktivitas sehari-hari, maka dapat membantu anak dalam mengasah kemampuan mereka. Hal ini dapat membantu anak dalam mengurangi menatap layar elektronik, seperti komputer, smartphone, laptop, dan lainnya yang bisa memberikan dampak negatif seperti penglihatan kabur.

Demikian ulasan mengenai manfaat bermain piano bagi anak yang memberikan dampak potisif dalam kehidupan mereka. Anda bisa membawa anak ke kursus piano agar anak bisa merasakan berbagai manfaat yang telah disebutkan.

Baca Artikel Lainnya

0