Ingin Bisa Bermain Biola? Yuk, Cek di Sini Kelebihan dari Yamaha Violin Course!

Yamaha Music School membuka beberapa kelas musik yang ditujukan untuk berbagai kalangan usia. Salah satu kelas musik yang disediakan oleh sekolah musik terbaik ini yaitu Violin Course. Seperti namanya, kelas ini bertujuan mengembangkan bakat dan imajinasi para siswanya dalam hal bermain biola. Kelas ini juga dapat meningkatkan wawasan musikal dan kreativitas siswa dalam bermain biola.

Kursus biola ini merupakan salah satu bagian dari Yamaha Popular Music Course (PMC), dimana kelas ini khusus diadakan oleh Yamaha Music School untuk mengembangkan kemampuan teknikal musik siswa, sehingga siswa nantinya dapat menjadi pemain musik solo atau musik grup yang profesional. Nah, berdasarkan kalangan usianya, Violin Course pada Yamaha Music School dibagi menjadi dua kelas.

  1. Violin-Course Junior

Violin course junior adalah kelas biola yang ditujukan bagi anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun. Di dalam kelas PMC ini, siswa mampu mengembangkan pengetahuan dasarnya tentang musik dan kemampuannya dalam hal bermain biola. Sama halnya seperti kelas PMC lainnya, violin course junior menggunakan background music berupa Minus One System Disk, sehingga siswa dapat lebih mudah belajar biola.

Kelas junior ini ditempuh siswa dalam jangka waktu 3 hingga 4 tahun. Bagi Anda yang anak-anaknya ingin belajar bermain biola, Anda dapat memilih salah satu diantara dua kelas, yaitu group lesson dan private lesson. Group lesson berkapasitas maksimal 8 orang, dengan waktu belajar 60 menit per pertemuan.

Sementara itu, waktu belajar private lesson sekitar 30 menit per pertemuan. Pertemuan kedua kelas ini diadakan satu kali setiap minggunya. Setelah seorang siswa berhasil menyelesaikan proses belajarnya di violin course junior, maka siswa tersebut dapat melanjutkan proses belajar biolanya di violin course.

 

  1. Violin Course

Violin course dapat diikuti oleh berbagai kalangan usia, mulai dari 12 tahun. Sama seperti violin course junior, violin course juga dilaksanakan dalam kurun waktu 3 hingga 4 tahun. Lama belajar per pertemuannya pun juga sama, yaitu 60 menit untuk group lesson dan 30 menit untuk private lesson. Tentunya, kedua kelas ini juga dilengkapi dengan Minus One System Disk sebagai background music. Kelas ini menggunakan kurikulum yang dirancang khusus oleh Yamaha Music Foundation dari Jepang.

Di dalam kelas, setiap siswa akan dikatagorikan ke dalam salah satu dari tiga level, mulai dari level terendah yaitu Level 1 (Beginner) hingga level tertinggi yaitu Level 3 (Intermediate). Pengkatagorian ini dilakukan oleh instruktur berdasarkan kemajuan belajar siswa.

Terdapat beberapa materi yang dipelajari oleh siswa di dalam course ini, yaitu istilah musik, rudiment dasar, teknik bermain, postur tubuh, dan cara merawat biola. Selain itu juga, siswa akan diberikan gambaran musik klasik hingga musik modern yang biasa dimainkan dengan biola, dan dilengkapi dengan latihan yang bertahap agar keterampilan teknikal siswa dapat semakin terasah.

Jika Anda mengikuti violin course di Yamaha Music Course, maka Anda memperoleh berbagai macam keuntungan. Ketika Anda mengikuti violin course, Anda akan mendapat buku teks (textbook) per setiap level belajar. Dengan buku teks tersebut, kemajuan belajar siswa dapat lebih terukur. Selain itu, instruktur akan terus memacu para siswanya agar dapat meningkatkan kepercayaan diri saat bermain biola.

Bagi Anda yang mengikuti group lesson, Anda akan memperoleh pengalaman untuk bermain musik bersama-sama dalam sebuah ensemble. Melalui ensemble ini, Anda dapat bekerja sama dengan orang lain, serta meningkatkan kemampuan komunikasi dengan teman-teman dalam satu ensemble.

 

Itulah segala hal mengenai Violin Course yang diadakan oleh Yamaha PMC. Mungkin Anda merupakan salah satu orang yang sudah lama ingin belajar bermain biola, tetapi Anda tidak tahu harus memulai belajar dari mana. Nah, kalau Anda kebingungan seperti ini, kunjungi saja Yamaha Music Course terdekat! Dengan mendaftarkan diri ke violin course ini, proses belajar Anda akan lebih terstruktur, dan tentunya Anda akan jauh lebih percaya diri saat memainkan biola.

Baca Artikel Lainnya

0