Bermain Piano Memiliki Banyak Manfaat untuk Anak? Apa Sajakah?

Kecerdasan anak harus diasah sejak dini. Salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak selain melalui pendidikan sekolah adalah melalui kursus musik. Kini banyak sekali kursus-kursus musik yang memiliki program kursus khusus untuk anak-anak. Menurut hasil penelitian, mendengarkan musik maupun bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anak. Salah satu kursus musik yang sangat diminati oleh anak-anak adalah kursus piano. Apa saja manfaat bermain piano bagi anak-anak? Simak pembahasannya berikut ini.

Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak dan Multitasking Anak

Bermain piano dapat meningkatkan konsentrasi anak serta multitasking anak karena bermain piano menggunakan dua tangan sehingga dapat melatih konsentrasi anak serta multitasking anak. Selain itu, konsentrasi anak dapat meningkat karena dalam bermain piano, anak harus bisa membaca not balok sesuai dengan irama musik serta merasakan dan menyelaraskannya dengan tepat. Di samping itu juga, anak harus memperkirakan kapan waktunya untuk menginjak pedal pada piano.

Hal-hal tersebut di atas akan dilakukan secara bersama-sama sehingga didapat melodi yang merdu serta enak untuk didengar. Oleh sebab itu apabila anak terus dilatih bermain piano maka kemampuan multitaskingnya juga terus meningkat.

Dapat Mengurangi Resiko Stres pada Anak dan Membuat Anak Lebih Berpikiran Positif

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa stres loh!. Penyebabnya bermacam-macam misalnya rutinitas baru yang sedang dijalankan anak, bullying, tuntutan untuk selalu berprestasi atau bisa juga karena masalah keluarga. Stres pada anak tentunya tidak dapat disepelekan karena akan berakibat mental anak akan terganggu bahkan hingga anak dewasa. Anak akan mudah marah dan lain sebagainya.

Salah satu cara untuk mengurangi resiko stres pada anak adalah mengikutsertakan anak ke dalam kursus musik, khususnya piano. Rutinitas bermain piano dinilai dapat meningkatkan kesehatan mental pada anak-anak. Hal ini terbukti karena anak-anak yang mengikuti kursus piano atau yang hobi bermain piano cenderung kemungkinannya mengalami stres jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak bermain piano. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian, dengan bermain piano maka akan membantu menurunkan tekanan darah dan anak akan merasa lebih positif dan percaya diri. Tak heran jika anak yang mahir bermain piano pasti memiliki kepribadian yang ceria dan positif.

Bermain Piano adalah Olahraga Tangan

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bermain piano menggunakan 2 tangan dan kelenturan jari-jari. Walaupun bermain piano biasanya duduk, namun tangan akan sering bergerak tentunya. Tanpa kita sadari, aktivitas tersebut dapat dikatakan juga sebagai olahraga tangan lho!. Tangan akan menjadi kuat jika anak sering bermain piano. Bagaimana tidak? Posisi tubuh saat bermain piano harus tegak dan posisi tangan saat bermain piano harus tepat. Selain itu, jantung juga akan menjadi sehat karena irama dari bermain piano dapat membantu anak dalam mengatur detak jantungnya.

Nah, kalau anak tidak menyukai aktivitas olahraga seperti lari dan lain sebagainya, bermain piano dapat menjadi alternatif penggantinya.

Bermain Piano Dapat Membuat Anak Belajar untuk Menerima Kritik dengan Baik

Pada saat anak mengikuti kursus piano, pasti anak akan selalu mendapatkan masukan positif atau kritik dari guru kursus piano. Pada dasarnya, tidak semua anak bisa menerima masukan atau kritik. Namun, dengan sering latihan piano dapat membuat anak belajar menerima kritik agar kemampuan anak dalam bermain piano. Keterbiasaan anak dalam menerima kritik saat bermain piano juga dapat berdampak pada kehidupan anak sehari-harinya.

Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Tidak semua anak bisa memiliki kemampuan dan bakat bermain piano. Oleh sebab itu, anak yang memiliki kemampuan bermain piano akan dipandang berbeda dibandingkan dengan anak yang tidak bisa bermain alat musik salah satunya piano. Anak pasti akan selalu dipuji karena kemampuannya dalam bermain piano. Dengan begitu, kepercayaan diri anak pun akan semakin meningkat.

Anak Dapat Berprestasi

Tahukah Anda bermain piano dapat membuat anak berprestasi? Anak yang belajar bermain piano akan memiliki perkembangan kognitif umum serta spasial yang lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang tidak belajar bermain piano. Sehingga anak akan bisa berprestasi di sekolahnya.

Belajar Piano Dapat Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Anak

Pernahkah Anda mendengar bahwa dengan belajar bermain piano akan membuat hormon pertumbuhan pada anak meningkat? Hal ini benar dan telah dibuktikan dengan penelitian. Kelenjar hipofisis merupakan kelenjar pada manusia yang berfungsi untuk memproduksi hormon bertumbuhan pada manusia. Hormon ini dapat membantu manusia mengatur komposisi tubuh, pertumbuhan otot dan tulang, cairan tubuh hingga fungsi jantung. Hasil penelitian menyatakan bahwa belajar bermain piano dapat meningkatkan kadar HgH pada sistem tubuh manusia. Hormon pertumbuhan dapat membantu manusia menjaga tingkat energi serta mencegah terjadinya penyakit dalam tubuh.

Nah, setelah menyimak pembahasan di atas pasti Anda semakin tertarik untuk mendaftar anak Anda dalam kursus piano. Jika Anda tinggal di Semarang, Anda dapat mendaftarkan anak Anda kursus piano di Halmahera Music School Semarang. Kurikulum pembelajaran di Halmahera Music School adalah kurikulum internasional dan telah berstandarisasi Yamaha Music. Jika tertarik, Anda bisa langsung mendaftarkan anak Anda di Halmahera Music School yaitu Jalan Puri Anjasmoro i2 1, Semarang.

Baca Artikel Lainnya

0