Anda Perlu Ketahui Tentang Gitar: Pengertian Hingga Sejarahnya

Bermain alat musik dapat menjadi suatu hobi bagi beberapa orang, bahkan banyak dari mereka yang berakhir menjadi pemain musik professional. Salah satu alat musik yang digemari oleh banyak orang yaitu gitar.

Terdapat banyak jenis gitar yang sering ditemukan, misalnya seperti gitar akustik, gitar listrik, dan gitar elektrik 7 senar. Dalam ulasan ini, kami akan membahas lebih detail tentang alat musik gitar, simak ulasan ini hingga selesai, yuk!

  1. Pengertian Gitar

Gitar adalah alat musik yang memiliki dawai berjumlah 6 atau lebih. Cara memainkan gitar yaitu dipetrik atau digenjrang menggunakan jari atau plektrum yang biasa disebut juga sebagai pick gitar.

Pasti Anda pernah melihat gitar yang memiliki bagian tubuh dan bagian leher yang menjadi tempat senar, serta gitar terbuat dari kayu dan bagian senar terbuat dengan menggunakan nilon atau baja.

  1. Sejarah Gitar

Gitar telah hadir sejak beberapa tahun yang lalu. Awal mulanya, gitar muncul di negara timur yang kuno melalui plak tanah yang digali di Babilonia. Ternyata umur plak tanah tersebut telah mencapai 1850 SM.

Terlihat plak yang memiliki gambar serta menunjukan bahwa terdapat sebuah alat must yang terlihat seperti gitar pada plak tanah yang ditemukan sebelumnya. Meskipun bagian tubuh dan lehernya terlihat agak berbeda.

  1. Jenis Gitar

Seperti yang telah beredar di sekitar masyarakat, gitar terdiri dari berbagai jenis yang berbeda, antara lain:

  • Gitar Akustik

Bagi beberapa orang yang tertarik dengan gitar, biasanya mereka belajar menggunakan gitar akustis. Terlihat gitar akustik memiliki sebuah lubang atau hollow body yang bisa menghasilkan suara cukup keras.

Bunyi tersebut dihasilkan melalui getaran senar yang mengalir di antara tular leher atau nut dengan jembatan atau bridge. Lalu diperkuat oleh bagian badan gitar yang berfungsi sebagai lubang resonansi yang berbentuk lingkaran.

Terdapat kelompok gitar akustik yang perlu Anda ketahui, yakni:

  • Gitar Senar Nilon, seperti gitar klasik dan gitar flamenco
  • Gitar Senar Baja, seperti gitar puncak datar dan gitar folk
  • Gitar Archtop
  • Gitar Dua Belas Senar
    • Gitar Listrik

Berbeda dengan gitar akustik, gitar listrik menggunakan elektrik untuk memperkuat bunyi yang dikeluarkan oleh gitar, namun jika gitar dimainkan tanpa elektrik, maka suara akan terdengar lemah.

Komponen utama dari gitar listrik yaitu pickup yang berfungsi untuk mengubar getaran senar ke bentuk sinyal, lalu diteruskan ke pengeras suara dengan melalui kabel.

  • Gitar Elektrik 7 Senar

Biasanya gitar memiliki 6 senar saja, tetapi terdapat gitar elektrik yang memiliki 7 senar atau biasa disebut sebagai Seven Strings Guitar. Terkadang jenis gitar yang satu ini digunakan untuk mengiringi genre musik rock dan jazz.

Standar tunning gitar 7 senar yaitu B-E-A-D-G-B-E. Terdapat gitaris yang menggunakan gitar 7 senar, seperti Dream Theater, Tesseract, Steve Vai, dan Scribe.

  1. Aksesoris Gitar

Sebelum memainkan gitar, terdapat beberapa aksesoris yang dibutuhkan, seperti plektrum atau pick yang digunakan untuk memetik dawai (kawat) dan strap yang digunakan pemain gitar untuk menggantung gitar di bahu sehingga Anda bisa memainkan gitar lebih mudah.

Gitar sangat digemari oleh banyak orang, karena bisa menemani Anda saat memiliki waktu luang. Anda juga bisa ikut kursus gitar yang memiliki manfaat positif, seperti bisa menjadi penyeimbang kecerdasan Anda dan menjadi lebih peka dengan perasaan Anda.

Demikian ulasan mengenai sejarah gitar yang saat ini telah beredar di tengah masyarakat. Anda bisa ikut kursus untuk memperdalam bermain gitar agar bisa bermain dengan cara yang benar dan lancar.

Baca Artikel Lainnya

0