Alat Musik Gitar Klasik: Pengertian, Sejarah, Hingga Kursus Gitar

Gitar adalah alat musik berdawai yang banyak digemari oleh para pecinta musik. Dimainkan dengan cara dipetik, ternyata gitar punya beberapa jenis yang bisa disesuaikan sesuai genre musik yang dimainkan, seperti gitar klasik untuk digunakan dalam musik klasik.

Gitar klasik termasuk dalam jenis gitar akustik. Apakah Anda penasaran tentang gitar klasik? Anda bisa simak ulasan ini lebih lanjut, karena kami akan membahas tentang gitar klasik lebih detail lagi.

  1. Pengertian Gitar Klasik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gitar klasik merupakan sejenis gitar akustik yang digunakan untuk mengiringi musik klasik. Sama seperti gitar pada umumnya, gitar klasik memiliki senar yang terbuat dari nilon yang terdiri dari 19 fret.

Jika Anda memasang senar steel-string pada gitar klasik, maka terdapat kemungkinan kerusakan pada gitar Anda. Maka dari itu, Anda perlu gunakan gitar nilon agar terhindar dari kerusakan serius.

  1. Sejarah Gitar Klasik

Kata gitar atau guitar diambil dari nama alat musik petik kuno yang berasal dari Persia pada tahun 1.500 SM yang disebut citar atau sehtar. Setelah itu, gitar kuno tersebut mulai berkembang dan dikenal sebagai tanbur.

Di tahun 300 SM, bangsa Yunani mengembangkan Tanbur Persia, namun 6 abad kemudia bangsa Romawi yang melanjutkan perkembangan Tanbur Persia. Di tahun 476 SM, terdapat alat musik yang dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol, lalu berubah menjadi Guitarra Morisca dan Guitarra Latina.

Guitarra Morisca memiliki fungsi sebagai pembawa melodi, sedangkan Guitarra Latina digunakan untuk memainkan akor. Setelah 3 abad kemudian, terdapat bangsa Arab yang membawa berbagai macam gitar gambus ke Spanyol dengan sebutan al ud.

Kemudian Spanyol membuat alat musik yang disebut vihuela dengan konstruksi al ud dari Arab dan kedua model gitar yang telah disebutkan dari Romawi. Vihuela pun menjadi sangat populer di sekitar Spanyol, sehingga alat musik yang telah muncul sebelumnya perlahan terlupakan.

Namun, al ud masih dikenal banyak orang di beberapa negara Eropa Barat, hingga berkembang menjadi model lute Eropa yang berakhir pada abad ke 17. Sedangkan vihuela terus berkembang selama beberapa abad hingga menjadi gitar klasik yang masih digunakan hingga sekarang.

Terdapat gitar klasik modern yang digunakan saat ini dan telah didesain sejak akhir abad ke 19 oleh luthier asal Spanyol yang bernama Antonio Torres Jurado.

  1. Teknik Bermain Gitar Klasik

Dalam memainkan gitar klasik, terdapat beberapa teknik yang perlu Anda perhatikan. Beriku ini teknik bermain gitar klasik, yaitu:

  • Posisi Tubuh

Anda dapat menopang gitar dengan menggunakan kaki kiri yang dibuat dengan alat bernama Foot Rest atau Foot Stool agar kaki kiri dapat terasa nyaman, serta kaki kanan perlu sesuaikan dengan posisi gitar.

  • Lengan Kiri

Bagian ibu jari tidak boleh ditujukan atau dikeluarkan, sebab dapat mempengaruhi penekanan senar gitar. Hal ini dapat menyebabkan 4 jari lainnya menjadi tidak leluasa saat menekan senar gitar.

  • Lengan Kanan

Saat memainkan gitar klasik, bagian lengan kanan lebih baik di posisi sound hold agak sedikit dibelakang dan jari-jari Anda rapatkan.

Namun, Anda juga perlu sesuaikan dengan lagu yang dimainkan, sebab beberapa lagu mengharuskan Anda memetik senar yang letaknya dekat dengan bridge, sehingga suaranya terdengar keras. Jika Anda memetik di dekat sound hold, maka bunyinya akan terdengar halus.

  • Apoyando dan Tilando

Dalam gitar klasik, apoyando adala teknik petikan yang memposisikan jaris menjadi lurus dan memetik ke arah atas. Teknik ini akan membuat suara terdengar keras.

Sedangkan Tilando merupakan teknik yang dilakukan dengan posisi lengan tidak lurus, seperti memetik senar pada umumnya. Sehingga suara yang dihasilkan akan terdengar halus dan pelan.

  1. Kursus Gitar Klasik

Jika Anda ingin memainkan gitar klasik lebih mahir dengan teknik yang benar, Anda bisa mengikuti kursus gitar klasik. Anda akan diajarkan teknik petikan jari secara klasik dan teknik lainnya agar pemainan gitar klasik Anda semakin jago.

Setelah mengetahui banyak hal tentang gitar klasik, apakah Anda tertarik untuk mempelajari gitar klasik?

Baca Artikel Lainnya

0